Renungan Hari Ini

Yohanes 14:15-31
Senin, Agustus 10, 2020
Kam, Jul 24, 2014

BERTUMBUH MENYERUPAI YESUS KRISTUS (1)

Kolose 3:5-17:0 by Pdt. Mauli Siahaan MTh
“karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;” (ayat 9-10)

            Menjadi orang Kristen tidak cukup hanya percaya saja karena hidup masih terus berlangsung dan dibutuhkan komitmen yang lain. Dan komitmen yang dituntut adalah suatu sikap yang sesuai dengan iman percaya kepada Tuhan Yesus. Rasul Yohanes berkata, “Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada didalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.” (1Yohanes 2:6) Jadi tanda kita hidup di dalam Yesus akan terlihat dalam kewajiban kita untuk hidup sama seperti Yesus hidup di dalam dunia ini. Komitmen apakah yang dibutuhkan untuk memiliki pertumbuhan yang mengarah kepada gambar Kristus?

Berusaha meninggalkan dosa (ayat 5-11)

            Ada dua kata yang dipakai, pertama “mematikan” segala hal yang bersifat duniawi seperti: percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat (hal ini menyangkut dosa seksual yang seringkali menggoda orang yang sudah percaya dan dapat menjatuhkannya), keserakahan (dosa pikiran yang berpusat pada diri sendiri - yang juga disamakan dengan dosa penyembahan berhala). Alasan dari usaha untuk mematikan semua hal itu adalah karena hal itu mendatangkan murka Allah dan karena semuanya itu adalah bagian dari hidup yang lama dan sekarang sudah memiliki hidup yang baru.

       Kedua “membuang” segala hal bersifat moral yang tidak cocok lagi dikenakan sebagai manusia baru seperti: Marah, geram, kejahatan, fitnah, kata-kata kotor dan saling mendustai. Alasan untuk membuang semuanya itu adalah karena kita sudah menanggalkan manusia lama dan sekarang mengenakan manusia baru.

            Setiap orang Kristen yang sudah hidup di dalam Kristus sudah tidak boleh lagi melakukan hal-hal yang duniawi atau praktek hidup dalam kegelapan bukan karena tidak ada kesempatan untuk itu, tetapi karena kita harus berusaha untuk berkata tidak dengan dosa. Memang hal ini tidaklah selalu mudah dan dibutuhkan usaha serta perjuangan yang tidak pernah berhenti agar kita terus menerus diperbaharui sampai pada akhirnya memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Kristus. (ms/4/2014)

 

Tanda kita hidup di dalam Yesus akan terlihat ketika kita untuk hidup sama seperti Yesus hidup di dalam dunia ini

Powered by: truthengaged

Renungan Kirbat

About this series

Edisi IV 2014
Text: Hakim_Hakim 6:11-24:0
Sab, Jul 26, 2014
Text: Kolose 3:5-17:0
Jum, Jul 25, 2014
Now playing
BERTUMBUH MENYERUPAI YESUS KRISTUS (1)
Text: Kolose 3:5-17:0
Kam, Jul 24, 2014
Text: Keluaran 4:1-17:0
Sel, Jul 22, 2014
Text: Kolose 1:15-23:0
Sen, Jul 21, 2014
Text: Filipi
Sab, Jul 19, 2014
Text: Keluaran 3:1-20:0
Jum, Jul 18, 2014

Menjadi Mitra Kami

Menjadi Mitra Kirbat Baru dalam menggenapi panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi Indonesia.

Tentang Kirbat Baru

Kirbat Baru merupakan pelayanan literatur berupa renungan dan jurnal rohani dwi-bulanan yang dikemas secara tematik untuk memudahkan orang percaya fokus bertumbuh dalam setiap area kehidupan secara progresif. Lembar catatan dan pokok doa menjadikan Kirbat Baru sebagai jurnal rohani untuk orang percaya dalam mengevaluasi perjalanan rohaninya.

kirbatbaru-home