Renungan Hari Ini

Yohanes 14:15-31
Senin, Agustus 10, 2020
Sab, Jul 26, 2014

PERAGU YANG DIPULIHKAN

Hakim_Hakim 6:11-24:0 by Pdt. Heru Tri Budiyanto S.PAK
Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: "TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani." (ayat 12)

         Bangsa Israel dikuasi oleh orang-orang Median selama tujuh tahun. Mereka menjadi sangat melarat dan penuh ketakutansehingga mereka bersembunyi dalam gua-gua. Setiap hari umat pilihan Allah ini mengalami terror dalam jiwanya. Kemudian mereka berseru kepada Tuhan dan belas kasihan Tuhan kemudian turun atas mereka. Tuhan memilih anak muda yang bernama Gideon untuk membawa kemerdekaan. Siapakah Gideon? Ternyata anak muda ini juga hidup dalam tekanan yang merusak pribadinya.

Gideon adalah orang yang meragukan pribadi Tuhan (ayat 13)

Mungkin bagi kebanyakan orang Israel saat itu mereka mulai meragukan pribadi Tuhan yang katanya pernah membawa umat Israel keluar dari perbudakan Mesir. Bahkan mereka merasa Tuhan telah membuang mereka sehingga bangsa Median bisa menjajah mereka dengan sangat kejam sekian lama. Penderitaan telah membuat mereka menjadi pahit hati.

Anak muda yang seperti itulah yang dilawat Tuhan dan diberi salam sebagai pahlawan yang gagah berani. Apakah Tuhan tidak salah orang? Tidak! Tuhan serius memanggil Gideon untuk membebaskan Israel. Tuhan juga tahu bagaimana kualitas pribadi Gideon saat itu sebagai pribadi yang terpecah, satu sisi berseru minta pertolongan Tuhan tetapi di sisi yang lain meragukan pribadi Tuhan.

Gideon adalah orang yang meragukan dirinya sendiri

Gideon ternyata juga meragukan dirinya. Ia merasa paling kecil, paling lemah dan tidak bisa berbuat apa-apa untuk keluar dari situasi buruk yang memenjarakanya. Mungkin dalam hati Gideon berkata, “Tuhan ini ngledek dan bercanda nih, apa Ia tidak tahu bagaimana diri saya ini yang sebenarnya. Boro-boro membebaskan umat Israel, membebaskan diri sendiri tidak becus. “

Gideon adalah orang yang meragukan panggilan Tuhan atas dirinya

Untuk meyakinkan dirinya, bahwa Tuhan memanggilnya Gideon kemudian meminta bukti. Luar biasanya, Tuhan dengan sabar memberikan bukti seperti yang diminta Gideon.

             Mungkin kita adalah tipe orang seperti Gideon, yang mulai meragukan pribadi Tuhan dan panggilan-Nya dalam hidup kita. Semuanya bermula karena kita lagi galau dengan diri kita sendiri. Kiranya kisah ini bisa membebaskan jiwa kita. (htb/IV/2014)

 

…mulai meragukan pribadi Tuhan dan panggilan-Nya dalam hidup kita. Semuanya bermula karena kita lagi galau dengan diri kita sendiri

Powered by: truthengaged

Renungan Kirbat

About this series

Edisi IV 2014
Now playing
PERAGU YANG DIPULIHKAN
Text: Hakim_Hakim 6:11-24:0
Sab, Jul 26, 2014
Text: Kolose 3:5-17:0
Jum, Jul 25, 2014
Text: Kolose 3:5-17:0
Kam, Jul 24, 2014
Text: Keluaran 4:1-17:0
Sel, Jul 22, 2014
Text: Kolose 1:15-23:0
Sen, Jul 21, 2014
Text: Filipi
Sab, Jul 19, 2014
Text: Keluaran 3:1-20:0
Jum, Jul 18, 2014

Menjadi Mitra Kami

Menjadi Mitra Kirbat Baru dalam menggenapi panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi Indonesia.

Tentang Kirbat Baru

Kirbat Baru merupakan pelayanan literatur berupa renungan dan jurnal rohani dwi-bulanan yang dikemas secara tematik untuk memudahkan orang percaya fokus bertumbuh dalam setiap area kehidupan secara progresif. Lembar catatan dan pokok doa menjadikan Kirbat Baru sebagai jurnal rohani untuk orang percaya dalam mengevaluasi perjalanan rohaninya.

kirbatbaru-home