Renungan Hari Ini

Yohanes 14:15-31
Senin, Agustus 10, 2020
Sen, Sep 17, 2018

Hidup dalam Ketulusan (1)

Mazmur 26 by Martisto Satyanaraghana
Berilah keadilan kepadaku, ya TUHAN, sebab aku telah hidup dalam ketulusan; kepada TUHAN aku percaya dengan tidak ragu-ragu. - Mazmur 26:1
Series:V/2018 - Integritas

 

Kata integritas memang tidak kita temukan dalam Alkitab Bahasa Indonesia namun jika kita melihat kata integrity dalam Alkitab Bahasa Inggris maka padanan kata yang paling sering digunakan adalah kata ketulusan.

Bacaan kita hari ini, menyatakan isi hati Daud di hadapan TUHAN dimana ia telah berusaha hidup dalam ketulusan atau integritas. Mari melihat beberapa poin yang dapat dipelajari untuk hidup dalam ketulusan:

Percaya pada TUHAN tanpa ragu (ayat 1)

Hal yang pertama yang Daud ungkapkan ialah bagaimana ia sepenuhnya percaya pada TUHAN, tanpa ada sedikitpun keraguan akan kuasa dan kedaulatan TUHAN dalam kehidupannya. Oleh karenanya Daud bisa bersandar pada TUHAN dalam setiap langkah kehidupannya. Bahkan disaat melewati badai kekelaman dalam kehidupannya, Daud percaya bahwa TUHAN ada di pihaknya dan akan selalu menolong dia.

Ketika kita tidak sungguh-sungguh percaya pada kuasa TUHAN, akan mudah bagi kita untuk mencari pertolongan ataupun jawaban yang ditawarkan oleh Iblis dan dunia sehingga bukan kebaikan yang kita peroleh namun justru hal yang buruk yang terjadi dalam hidup kita.

Mengarahkan hidup pada kasih setia TUHAN (ayat 3)

Daud hidup bergaul karib dengan TUHAN, ada banyak pengalaman kehidupan dimana ia melihat kasih setia TUHAN nyata dalam kehidupannya. Daud tidak mengarahkan matanya pada raksasa permasalahan yang dihadapi, namun ia mengarahkan matanya pada kasih setia TUHAN yang telah dia alami sepanjang kehidupannya. Hal ini memungkinkan bagi Daud untuk mengambil keputusan yang benar di saat-saat genting dalam kehidupannya.

Ketika kita fokus pada badai pergumulan hidup dan bukan pada pribadi Kristus dan kasih setia-Nya yang tersedia bagi kita, maka akan ada keputusan ‘bodoh’ yang kita ambil yang dapat menjerumuskan hidup kita

Hidup dalam kebenaran TUHAN (ayat 3). 

Daud sangat mencintai Taurat TUHAN, kebenaran TUHAN menjadi pelita bagi setiap langkah kakinya, untuk itu ia bisa berkata bahwa ia hidup dalam kebenaran TUHAN. Hanya ketika kebenaran TUHAN menjadi terang dalam setiap jalan hidup kita maka kita akan dimampukan hidup dalam ketulusan dan berkenan di hati Allah. (MSN/KB/V/2018)

Ketika kita tidak sungguh-sungguh percaya pada kuasa TUHAN, akan mudah bagi kita untuk mencari pertolongan ataupun jawaban yang ditawarkan oleh Iblis dan dunia

Powered by: truthengaged

Renungan Kirbat

About this series

V/2018 - Integritas
Now playing
Hidup dalam Ketulusan (1)
Text: Mazmur 26
Sen, Sep 17, 2018

Menjadi Mitra Kami

Menjadi Mitra Kirbat Baru dalam menggenapi panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi Indonesia.

Tentang Kirbat Baru

Kirbat Baru merupakan pelayanan literatur berupa renungan dan jurnal rohani dwi-bulanan yang dikemas secara tematik untuk memudahkan orang percaya fokus bertumbuh dalam setiap area kehidupan secara progresif. Lembar catatan dan pokok doa menjadikan Kirbat Baru sebagai jurnal rohani untuk orang percaya dalam mengevaluasi perjalanan rohaninya.

kirbatbaru-home