Renungan Hari Ini

Yohanes 14:15-31
Senin, Agustus 10, 2020
Min, Agu 05, 2018

KEHIDUPAN ORANG YANG DIBENARKAN

Roma 5:1-11 by Pdt. Heru Tri Budiyanto S.PAK
Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. (ayat 1)
Series:IV/2018 - Kekudusan

 

            Iman kepada Yesus Kristus membuat hidup kita dibenarkan di hadapan Allah yang Maha Kudus. Sebagai orang-orang yang sudah dibenarkan kita memiliki kehidupan yang sangat diberkati, yaitu:

Hidup dalam damai sejahtera dengan Allah (ayat 1)

Penebusan Yesus mengubah status kita dari terdakwa menjadi orang benar, dari musuh menjadi sahabat, dari orang asing menjadi anak-anak Allah. Yesus telah mengangkat rasa bersalah dan ketakutan kita kepada Allah dan menggantinya dengan kasih dan kedamaian. Kehidupan Kristen yang sejati adalah kehidupan yang terbebas dari belenggu rasa bersalah dan takut dihukum menjadi kehidupan yang dipenuhi dengan damai sejahtera dengan Allah.

Beroleh jalan masuk kepada kasih karunia (ayat 2)

Kasih karunia Allah yang sempurna telah dinyatakan kepada manusia berdosa melalui Yesus Kristus yang tersalibkan dan bangkit tiga hari kemudian. Di dalam Yesus kita diampuni dan diterima apa adanya. Tidak peduli bagaimana keadaan kita sebelumnya, Yesus telah membuat hidup kita menjadi baru dan istimewa. Bahkan kita boleh bermegah dalam pengharapan, bahwa kelak kita akan menerima kemuliaan Allah

Bermegah dalam kesengsaraan (ayat 3-4)

Di dalam Yesus kita tidak hanya bermegah dengan kemuliaan yang kelak kita terima, tetapi untuk saat inipun kita bisa bermegah atas hidup kita. Bahkan dalam kesengsaraanpun kita tetap bisa bermegah, sebab dalam kasih karunia-Nya kesengsaraan itu sebaik kegembiraan. Kesengsaraan akan dipakai TUHAN untuk membentuk ketekunan kita sehingga kita menjadi tahan uji. Ketika kita menjadi tahan uji, maka kita akan selalu melihat pengharapan di balik setiap kesengsaraan.

Memiliki pengharapan yang pasti (ayat 5-11)

Pengharapan yang lahir dari pekerjaan kasih karunia tidak akan pernah mengecewakan, sebab kita telah mengetahui betapa luar biasanya kasih TUHAN kepada kita. Pada saat kita masih durhaka dan berdosa Yesus telah rela mati berkorban sampai mati bagi penebusan dosa kita, terlebih setelah kita dibenarkan-Nya.

            Untuk itu, mari kita jalani hidup kita secara benar sebagai orang-orang yang sudah dibenarkan di hadapan Allah, jangan lagi hidup seperti orang yang masih di bawah kuasa dosa. (HTB/KB/IV/2018)

mari kita jalani hidup kita secara benar sebagai orang-orang yang sudah dibenarkan di hadapan Allah

Powered by: truthengaged

Renungan Kirbat

About this series

IV/2018 - Kekudusan
Now playing
KEHIDUPAN ORANG YANG DIBENARKAN
Text: Roma 5:1-11
Min, Agu 05, 2018
Text: Amsal 6:16-19
Rab, Jul 04, 2018

Menjadi Mitra Kami

Menjadi Mitra Kirbat Baru dalam menggenapi panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi Indonesia.

Tentang Kirbat Baru

Kirbat Baru merupakan pelayanan literatur berupa renungan dan jurnal rohani dwi-bulanan yang dikemas secara tematik untuk memudahkan orang percaya fokus bertumbuh dalam setiap area kehidupan secara progresif. Lembar catatan dan pokok doa menjadikan Kirbat Baru sebagai jurnal rohani untuk orang percaya dalam mengevaluasi perjalanan rohaninya.

kirbatbaru-home