Renungan Hari Ini

Yohanes 14:15-31
Senin, Agustus 10, 2020
Jum, Okt 18, 2019

HATI-HATI DENGANG KEKUASAAN

1_Raja_Raja 1:1-27 by Pdt. Mauli Siahaan MTh
“Lalu Adonia, anak Hagit, meninggikan diri dengan berkata: "Aku ini mau menjadi raja." Ia melengkapi dirinya dengan kereta-kereta dan orang-orang berkuda serta lima puluh orang yang berlari di depannya.” (ayat 5)
Series:V/2019

 

                Godaan akan kekuasaan memang sangat menyilaukan. Dan itulah yang menghampiri hidup Adonia, anak Daud sehingga ia berusaha untuk merebut kekuasaan sebagai raja dari tangan ayahnya sendiri, sekalipun Allah dan Daud telah menunjuk Salomo sebagai raja berikutnya menggantikan Daud (lih. ayat 17). Untuk memuluskan rencananya itu Adonia berupaya dengan berbagai cara.

Meninggikan diri

                Merasa bahwa dia adalah anak yang tertua yang masih hidup, Adonia memproklamirkan dirinya sebagai raja tanpa persetujuan dari Daud, ayahnya. Dengan caranya sendiri ia berusaha untuk merebut tahta itu dari ayahnya dengan cara-cara yang tidak terpuji (ayat 5)

                Hati-hati dengan kekuasaan, sebab hal tersebut akan sangat menggoda Anda kalau Anda tidak waspada sehingga Anda akan melakukan segala cara untuk mendapatkannya. Dan kalau Anda sudah terjerat pada cengkeramannya, maka Anda tidak akan lagi mempedulikan hubungan kekeluargaan, yang terpenting hanya maksud Anda dapat tercapai.

Menyeret orang lain.

                “Maka berundinglah ia dengan Yoab, anak Zeruya dan dengan imam Abyatar dan mereka menjadi pengikut dan pembantu Adonia.” (ayat 7) Untuk merealisasikan niatnya, Adonia mempengaruhi orang-orang yang memiliki pengaruh di kerajaan ayahnya untuk mendukung keinginannya. Mereka bermufakat untuk mengambil jalan pintas dengan menobatkan dirinya sebagai raja.

                Kekuasaan sering menyeret banyak orang untuk melakukan tindakan-tindakan yang tidak terpuji. Dan tidak sedikit orang-orang yang terseret itu adalah orang yang mengaku diri sebagai rohaniwan seperti imam Abayatar. Itulah sebabnya ada banyak hamba Tuhan hari-hari ini yang berani meninggalkan panggilannya karena godaan kekuasaan. Atau banyak hamba Tuhan yang sukar berkata tidak terhadap permintaan pemegang kekuasaan. Dengan demikian suara kenabian dan kebenaran menjadi hilang. (MS/KB/V/2019)Kekuasaan sering menyeret banyak orang untuk melakukan tindakan-tindakan yang tidak terpuji. Waspadalah!

Powered by: truthengaged

Renungan Kirbat

About this series

V/2019
Text: 1_Raja_Raja 11:1-13
Sab, Okt 19, 2019
Now playing
HATI-HATI DENGANG KEKUASAAN
Text: 1_Raja_Raja 1:1-27
Jum, Okt 18, 2019
Text: 2_Raja_Raja 13:14-21
Kam, Okt 17, 2019
Text: 2_Raja_Raja 10:18-36
Rab, Okt 16, 2019
Text: 2_Korintus 12:6-19
Sel, Okt 15, 2019
Text: 2_Korintus 12:6-10
Sen, Okt 14, 2019
Text: 2 Samuel 15:1-12
Min, Okt 13, 2019

Menjadi Mitra Kami

Menjadi Mitra Kirbat Baru dalam menggenapi panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi Indonesia.

Tentang Kirbat Baru

Kirbat Baru merupakan pelayanan literatur berupa renungan dan jurnal rohani dwi-bulanan yang dikemas secara tematik untuk memudahkan orang percaya fokus bertumbuh dalam setiap area kehidupan secara progresif. Lembar catatan dan pokok doa menjadikan Kirbat Baru sebagai jurnal rohani untuk orang percaya dalam mengevaluasi perjalanan rohaninya.

kirbatbaru-home