Renungan Hari Ini

Kisah_Para_Rasul 16:13-18
Jumat, Oktober 02, 2020
Sab, Agu 10, 2019

HIDUP YANG MENJADI BERKAT

2_Korintus 11:7-33 by Pdt. Mauli Siahaan MTh
“Dalam segala hal aku menjaga diriku, supaya jangan menjadi beban bagi kamu, dan aku akan tetap berbuat demikian.” (ayat 9)

 

            Tidak ada seorangpun di dunia ini yang mau kekurangan, semua orang ingin hidup berkecukupan dan bahkan berkelebihan. Tetapi adakah sekarang ini orang yang rela mengalami kekurangan agar hidupnya tidak menjadi beban bagi orang lain? Dunia jaman sekarang sudah diisi oleh orang-orang yang egois yang tidak peduli lagi akan nasib orang lain, yang penting adalah menimbun lebih banyak lagi bagi diri sendiri. Sebagai orang percaya kita terpanggil untuk menjadi berkat bagi orang lain. Bagaimana caranya?

Jangan menjadi beban bagi orang lain

            Hidup yang menjadi berkat adalah hidup yang menolong meringankan beban orang lain dan bukan sebaliknya (ayat 9). Jangan pernah meraih impian Anda dengan mengorbankan orang lain. Tetapi tolong juga orang lain agar mereka juga tidak dibebani oleh pencapaian Anda. Banyak orang kaya di jaman sekarang ini menimbun kekayaannya di atas penderitaan orang lain. Memang kolonianisme sudah dihapuskan tetapi penjajahan secara struktural masih merajalela. Yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Kalau saja setiap kita terpanggil untuk menjadi berkat, maka kita tidak akan tenang kalau kekayaan kita itu dihasilkan dari memeras orang lain. Tetapi kita akan menjadikan hidup ini menjadi alat di tangan Tuhan untuk menolong orang lain mampu menanggung beban hidupnya.

Mau berkorban untuk orang lain

            Paulus rela kehilangan kebebasannya hanya karena ingin agar orang lain mendapatkan kebebasan (ayat 22-29). Dia tidak hanya memikirkan dirinya sendiri tetapi juga orang-orang yang membutuhkan pertolongannya, sekalipun oleh karena itu dia harus mengalami berbagai penderitaan. Dia menyadari bahwa hidup yang bermakna bukan saja hidup dalam kenyamanan tetapi juga dalam kegetiran hidup agar orang lain mendapatkan kenyamanan. Sebab apa gunanya kita nyaman sementara orang di sekitar kita sedang mengalami berbagai masalah dan persoalan hidup? Hidup yang menjadi berkat adalah hidup yang memakai hidup itu dipergunakan agar orang lain mendapatkan manfaat di dalamnya. Dan berkorban adalah salah satu cara untuk itu. (MS/KB/IV/2019)

Hidup yang menjadi berkat adalah hidup yang dipergunakan agar orang lain mendapatkan manfaat di dalamnya

Powered by: truthengaged

Renungan Kirbat

About this series

Edisi VI 2013
Text: Yohanes 4:26-54
Kam, Jul 09, 2020
Text: Lukas 17:11-19
Min, Jun 14, 2020
Now playing
HIDUP YANG MENJADI BERKAT
Text: 2_Korintus 11:7-33
Sab, Agu 10, 2019
Text: Kejadian 6:1-22
Kam, Nov 07, 2013
Text: Amsal 3:27-35
Rab, Nov 06, 2013
Text: Kejadian 4:1-16:0
Sel, Nov 05, 2013
Text: Amsal 2:1-22
Sen, Nov 04, 2013

Menjadi Mitra Kami

Menjadi Mitra Kirbat Baru dalam menggenapi panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi Indonesia.

Tentang Kirbat Baru

Kirbat Baru merupakan pelayanan literatur berupa renungan dan jurnal rohani dwi-bulanan yang dikemas secara tematik untuk memudahkan orang percaya fokus bertumbuh dalam setiap area kehidupan secara progresif. Lembar catatan dan pokok doa menjadikan Kirbat Baru sebagai jurnal rohani untuk orang percaya dalam mengevaluasi perjalanan rohaninya.

kirbatbaru-home