Renungan Hari Ini

Kisah_Para_Rasul 16:13-18
Jumat, Oktober 02, 2020
Rab, Agu 07, 2019

PEMBERIAN YANG BERKENAN DI HATI ALLAH (2)

2_Korintus 9:6-15 by Pdt. Heru Tri Budiyanto S.PAK
“Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.” (ayat 7)
Series:IV/2019

 

            Banyak orang mampu untuk memberikan sesuatu tetapi dengan motivasi yang beragam. Ada orang memberi karena merasa dia memiliki sesuatu. Ada juga orang memberi karena ingin dikenal sebagai orang yang dermawan atau yang lainnya. Tetapi pemberian yang bagaimanakah yang berkenan di hati Allah itu?

Didasari oleh kerelaan

            Pemberian yang berkenan di hati Allah adalah diberikan dengan sukacita tanpa ada paksaan (ayat 7). Jadi, berikanlah sesuatu bukan karena didorong oleh siapa yang menerima, tetapi didorong oleh hati yang mau memberi. Dan berikan bukan karena Anda merasa mampu memberi, tetapi karena memang Anda harus memberi. Pemberian yang didasari oleh hati yang penuh dengan sukacita tidak akan pernah mempertanyakan imbalan dari pemberian yang diberikan tetapi semata-mata karena memang ingin memberi karena digerakkan oleh kasih. Dan Allah akan memberikati orang-orang yang dengan sukacita memberi. Ingatlah, Allah tidak pernah berhutang. Dia akan melimpahi hidup Anda dengan berkat-berkat-Nya (ayat 8-9).

Didasari oleh kapasitas yang ada

            “Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.” (ayat 6) Kata “banyak” dan”sedikit” itu relatif. Tetapi yang ingin diungkapkan disini adalah berilah sesuai dengan kapasitas Anda. Jangan beri sedikit padahal Anda bisa memberikan jauh lebih dari pada itu. Jangan ketika ingin diberkati, Anda menginginkan banyak tetapi ketika dituntut untuk memberi Anda memberikannya sedikit. Dalam memberi ada hukum tabur-tuai. Kalau Anda menabur banyak, maka Anda akan menuai banyak. Kalau Anda menabur sedikit, maka Anda juga akan menuai sedikit. Tetapi kalau Anda tidak menabur, apa yang Anda mau tuai? Kalau Anda senang menabur, maka benih Anda tidak akan pernah habis (ayat 10). Tetapi kalau Anda pelit untuk menabur, maka suatu saat lumbung Anda akan habis. Jati, taburlah sesuai dengan apa yang ada pada Anda jangan pernah menahan-nahannya. (MS/KB/IV/2019)

Berikanlah sesuatu bukan karena didorong oleh siapa yang menerima, tetapi didorong oleh hati yang mau memberi

Powered by: truthengaged

Renungan Kirbat

About this series

IV/2019
Text: Titus 2:11-15
Sab, Agu 31, 2019
Text: Lukas 10:25-35
Jum, Agu 30, 2019
Text: Ayub 2:1-13
Kam, Agu 29, 2019
Text: Kisah_Para_Rasul 27:21-26
Rab, Agu 28, 2019
Text: Kisah_Para_Rasul 27:11-30
Sel, Agu 27, 2019
Text: Kisah_Para_Rasul 6:1-7
Sen, Agu 26, 2019
Text: Kisah_Para_Rasul 4:32-37
Min, Agu 25, 2019

Menjadi Mitra Kami

Menjadi Mitra Kirbat Baru dalam menggenapi panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi Indonesia.

Tentang Kirbat Baru

Kirbat Baru merupakan pelayanan literatur berupa renungan dan jurnal rohani dwi-bulanan yang dikemas secara tematik untuk memudahkan orang percaya fokus bertumbuh dalam setiap area kehidupan secara progresif. Lembar catatan dan pokok doa menjadikan Kirbat Baru sebagai jurnal rohani untuk orang percaya dalam mengevaluasi perjalanan rohaninya.

kirbatbaru-home