Renungan Hari Ini

Yohanes 14:15-31
Senin, Agustus 10, 2020
Kam, Okt 17, 2019

TETAP MELAYANI

2_Raja_Raja 13:14-21 by Pdt. Mauli Siahaan MTh
"Ketika Elisa menderita sakit yang menyebabkan kematiannya, datanglah Yoas, raja Israel, kepadanya dan menangis oleh karena dia, katanya: "Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!" (ayat 14)
Series:V/2019

 

Tidak pernah ada istilah pensiun bagi seseorang untuk melayani Tuhan. Bisa saja seseorang telah bebas tugas sebagai pelayan Tuhan secara struktural tetapi ia akan tetap menjadi pelayan Tuhan secara fungsional seumur hidupnya. Hal itulah yang digambarkan oleh pelayanan Elisa dalam perikop bacaan kita hari ini.

Saat sakit tetap melayani

Walaupun dalam keadaan sakit dan sudah dekat dekat dengan kematian, Elisa tidak menolak kedatangan Yoas meski ia tahu Yoas tidak takut pada Tuhan. Itulah sebabnya Elisa justru bernubuat sebab ia berharap agar dengan jalan ini Yoas berpaling pada Allah. Itulah sebabnya dia memberitahukan kepada Yoas apa yang akan Allah lakukan kepadanya berkenaan dengan musuhnya raja Aram (ayat ayat 17). Kehidupan, integritas, kesetiaan, dan pelayanan Elisa kepada Allah Israel tak berubah sampai akhir hidupnya.

Tidak ada batasan untuk melayani Tuhan dan tidak ada satu kondisi pun yang bisa menghentikan langkah seseorang untuk melayani Tuhan. Jadi, pergunakanlah setiap kesempatan untuk melayani Tuhan karena melayani Dia adalah anugerah semata-mata.

Saat tiada pun tetap melayani

                “Pada suatu kali orang sedang menguburkan mayat. Ketika mereka melihat gerombolan datang, dicampakkan merekalah mayat itu ke dalam kubur Elisa, lalu pergi. Dan demi mayat itu kena kepada tulang-tulang Elisa, maka hiduplah ia kembali dan bangun berdiri.” (ayat 21). Elisa mengakhiri hidupnya dengan baik dan benar sampai-sampai kuasa Allah tetap dinyatakan setelah kematiannya. Pengaruh Elisa masih memiliki dampak sekalipun dia sudah tidak ada.

Apakah dampak pelayanan kita masih terlihat sekalipun kita sudah tiada? Bukankah Allah tetap berkarya dalam hidup keturunan Daud sekalipun Daud sudah tidak ada?

Tetaplah melayani Tuhan apapun kondisinya sehingga dampak pelayanan Anda masih tetap ada sekalipun Anda sudah tiada. Karena itu penuhilah panggilan Allah untuk melayani-Nya! Akhirilah perjuangan pelayanan dengan hati yang tetap tertuju pada-Nya. (MS/KB/V/2019)

Tetaplah melayani Tuhan apapun kondisinya sehingga dampak pelayanan Anda masih tetap ada sekalipun Anda sudah tiada

Powered by: truthengaged

Renungan Kirbat

About this series

V/2019
Text: 1_Raja_Raja 11:1-13
Sab, Okt 19, 2019
Text: 1_Raja_Raja 1:1-27
Jum, Okt 18, 2019
Now playing
TETAP MELAYANI
Text: 2_Raja_Raja 13:14-21
Kam, Okt 17, 2019
Text: 2_Raja_Raja 10:18-36
Rab, Okt 16, 2019
Text: 2_Korintus 12:6-19
Sel, Okt 15, 2019
Text: 2_Korintus 12:6-10
Sen, Okt 14, 2019
Text: 2 Samuel 15:1-12
Min, Okt 13, 2019

Menjadi Mitra Kami

Menjadi Mitra Kirbat Baru dalam menggenapi panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi Indonesia.

Tentang Kirbat Baru

Kirbat Baru merupakan pelayanan literatur berupa renungan dan jurnal rohani dwi-bulanan yang dikemas secara tematik untuk memudahkan orang percaya fokus bertumbuh dalam setiap area kehidupan secara progresif. Lembar catatan dan pokok doa menjadikan Kirbat Baru sebagai jurnal rohani untuk orang percaya dalam mengevaluasi perjalanan rohaninya.

kirbatbaru-home