Renungan Hari Ini

1_Timotius 6:11-21
Senin, Juni 21, 2021
Jum, Nov 27, 2020

KEMULIAAN MASA DEPAN (1)

Roma 8:18-30 by Pdt. Heru Tri Budiyanto S.PAK
Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. (Roma 8:30)
Series:Nov 2020

 

      Paulus bagaikan seorang penyair menggambarkan bagaimana seluruh makhluk menantikan kemuliaan yang akan datang karena sedang ditimpa perbudakan kebinasaan. Keindahan dunia sedang memudar dan keelokkannya akan segera binasa sehingga dunia menantikan kemerdekaan dan mengharapkan kemuliaannya kembali.

      Gambaran yang dipakai Paulus ini pasti dimengerti oleh orang-orang Yahudi, sebab dalam pemikiran Yahudi waktu ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu: masa sekarang dan masa yang akan datang. Masa sekarang semuanya serba jahat, pangkal dosa dan mematikan. Akan tiba hari penghakiman Tuhan yang akan menggoncangkan dunia sampai ke dasarnya dan setelah itu datanglah suatu dunia yang baru. Impian akan dunia yang diperbaharui sangat disenangi oleh orang-orang Yahudi.

      Ayat 19 Paulus menyatakan: “Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan saat anak-anak Allah dinyatakan.” Kata sangat rindu, ‘apokaradokia’ menggambarkan sikap seseorang yang sedang mengamati cakrawala dengan kepala dicondongkan ke depan dan mengawasi dengan penuh perhatian ke tempat yang jauh untuk melihat saat-saat datangnya fajar.

      Bagi orang-orang Kristen kehidupan ini tidaklah membosankan tetapi suatu penantian yang penuh pengharapan. Mendebarkan hati tapi pasti. Di dalam dirinya ia berjuang melawan tabiatnya sendiri yang jahat dan di luar dirinya ia harus menjalani hidup di tengah-tengah dunia yang mematikan. Namun karena kehidupan Kristen ada di dalam Kristus, maka ia tidak pernah putus asa karena pandangannya terfokus pada pengharapan yang disediakan Allah di dalam Yesus Kristus.

      Tetapi dalam masa penantian itu kita tidak mudah menyerah karena kita menantikan kemuliaan masa depan kita dengan penuh pengharapan. Pengharapan inilah yang memberikan kita motivasi untuk terus bertekun di dalam Tuhan.

      Oleh sebab itu, sebagai orang Kristen jangan taruh pengharapanmu pada hal-hal yang sementara atau pada manusia yang tidak sempurna. Sebab sesuatu yang bisa berubah itu tidak bisa sungguh-sungguh diandalkan dan pasti akhirnya mengecewakan. Hanya Tuhan, kasih karunia dan kebenaran-Nya saja yang tidak bisa berubah - yang tepat untuk menjadi dasar pengharapan kita serta menjadi motivasi yang kuat untuk membuat kita bertekun di jalan Tuhan. (HTB/KB/11/20)

Bagi orang-orang Kristen kehidupan ini tidaklah membosankan tetapi suatu penantian yang penuh pengharapan

Powered by: truthengaged

Menjadi Mitra Kami

Menjadi Mitra Kirbat Baru dalam menggenapi panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi Indonesia.

Tentang Kirbat Baru

Kirbat Baru merupakan pelayanan literatur berupa renungan dan jurnal rohani dwi-bulanan yang dikemas secara tematik untuk memudahkan orang percaya fokus bertumbuh dalam setiap area kehidupan secara progresif. Lembar catatan dan pokok doa menjadikan Kirbat Baru sebagai jurnal rohani untuk orang percaya dalam mengevaluasi perjalanan rohaninya.

kirbatbaru-home