Renungan Hari Ini

1_Timotius 6:11-21
Senin, Juni 21, 2021
Sab, Nov 28, 2020

KEMULIAAN MASA DEPAN (2)

Roma 8:18-30 by Pdt. Heru Tri Budiyanto S.PAK
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (ayat 28)
Series:Nov 2020

 

      Pengharapan memberi motivasi dan semangat dalam hidup kita. Kemarin kita sudah merenungkan dasar pengharapan kita, yaitu kemuliaan masa depan sebagai anak-anak Allah yang akan kita alami di dalam Yesus Kristus (ayat 18-25). Hari ini kita akan akan lanjutkan renungan kita ke ayat selanjutnya.

      Ayat 26-27 ini menyatakan, bahwa kita begitu lemah sehingga tidak mampu berdoa lagi, tetapi Roh Kudus akan membantu kita untuk berdoa sebagaimana seharusnya. Ada dua alasan mengapa kita tidak bisa berdoa sebagaimana seharusnya, yaitu:

      Pertama, karena kita tidak bisa melihat apa yang akan terjadi di depan. Ketidaktahuan kita akan masa depan inilah yang membuat doa kita seringkali hanya didorong oleh keinginan daging, yaitu apa yang kita inginkan yang membuat kita merasa nyaman dan nikmat di saat ini. Makanya kita menjadi mudah tertekan ketika mengalami pergumulan hidup. Kita membutuhkan pertolongan Roh Kudus agar arah doa kita selaras dengan rencana Allah ke depan bagi hidup kita.

      Kedua, dalam setiap situasi sebenarnya kita tidak tahu apa yang terbaik bagi kita. Kita berdoa untuk hal-hal yang kita anggap penting padahal hal itu belum tentu penting di mata Tuhan. Oleh sebab itu kita membutuhkan pimpinan Roh Kudus untuk mengerti hal terbaik yang sesuai kehendak Allah yang menjadi pokok doa kita. (bandingkan Yakobus 4:3).

      Ayat 28-29 memberikan kepada kita kepastian dalam hidup, yaitu bagi kita yang mengasihi Allah dan terpanggil dalam rencana-Nya, memiliki kepastian, keyakinan dan pengalaman bahwa Allah turut bekerja sama dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan dan membentuk karakter Kristus dalam diri kita.

      Jadi dalam kelemahan kita sebagai manusia, Roh Kudus akan menolong kita bagaimana berdoa yang sesuai kehendak Bapa di sorga dan yang terbaik bagi hidup kita. Jadi, apapun yang terjadi dan bagaimanapun keadaan kita saat ini, Allah tidak pernah meninggalkan kita, Dia tetap bekerja supaya kebaikan-Nya terjadi dalam hidup kita dan kita bisa dibentuk semakin hari semakin menjadi serupa dengan Yesus Kristus. Inilah tujuan utama semua peristiwa kita alami. Amin! (HTB/KB/11/20)

Dia tetap bekerja supaya kebaikan-Nya terjadi dalam hidup kita dan kita bisa dibentuk semakin hari semakin menjadi serupa dengan Yesus Kristus

Powered by: truthengaged

Menjadi Mitra Kami

Menjadi Mitra Kirbat Baru dalam menggenapi panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi Indonesia.

Tentang Kirbat Baru

Kirbat Baru merupakan pelayanan literatur berupa renungan dan jurnal rohani dwi-bulanan yang dikemas secara tematik untuk memudahkan orang percaya fokus bertumbuh dalam setiap area kehidupan secara progresif. Lembar catatan dan pokok doa menjadikan Kirbat Baru sebagai jurnal rohani untuk orang percaya dalam mengevaluasi perjalanan rohaninya.

kirbatbaru-home