Renungan Hari Ini

1_Timotius 6:11-21
Senin, Juni 21, 2021
Rab, Okt 07, 2020

FOKUS PADA PANGGILAN

Kisah_Para_Rasul 18:1-17 by Pdt. Mauli Siahaan MTh
“Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!” (ayat 9)
Series:Okt 2020

 

            Terkadang karena alasan tertentu kita harus melakukan kerja sampingan tetapi kalau tidak hati-hati, maka kita akan lupa pada panggilan kita yang sesungguhnya. Ada banyak orang meninggalkan panggilannya karena kenikmatan sesaat yang didapatkan di luar dari panggilan itu. Dalam bacaan Alkitab hari ini, kita melihat satu figur yang patut diteladani, bahwa apapun yang terjadi dia tetap fokus pada panggilannya. Apa yang membuat Paulus bisa fokus pada panggilannya?

Memiliki konsistensi hidup

            Walaupun Paulus harus melakukan pekerjaan sampingan supaya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi dia tetap konsisten dalam melakukan panggilannya. “Dan setiap hari Sabat Paulus berbicara dalam rumah ibadat dan berusaha meyakinkan orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani.” (ayat 4) Paulus tetap mencari cara agar dia tetap di jalur panggilan itu sehingga pekerjaan yang dilakukannya tidak menghambat panggilannya di dalam Tuhan.

            Memang kita harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tetapi jangan sampai pekerjaan itu menyimpangkan jalan kita sehingga kita lupa bahwa ada panggilan Allah yang harus kita penuhi dalam hidup ini (lih. Roma 11:36). Jadi, fokuslah pada panggilan Allah dalam hidup Anda sementara Anda harus melakukan kegiatan-kegitaan Anda yang lain.

Memiliki prioritas hidup

            Ketika Paulus mendapatkan bantuan dari Timotius dan Silas, dia tahu apa yang harus dia lakukan yaitu meninggalkan pekerjaannya dan lebih fokus pada panggilannya. “Ketika Silas dan Timotius datang dari Makedonia, Paulus dengan sepenuhnya dapat memberitakan firman, di mana ia memberi kesaksian kepada orang-orang Yahudi, bahwa Yesus adalah Mesias.” (ayat 5). Paulus menyadari prioritas hidupnya yaitu mencari dan menyelamatkan jiwa bukan mencari dan menumpuk harta.

            Anda akan fokus pada panggilan hidup Anda di dalam Tuhan kalau Anda sadar betul apa yang menjadi prioritas hidup Anda. Terkadang kita menyimpang dari panggilan karena tergiur dengan tawaran dunia ini dan menjadikannya menjadi prioritas. Tetapi kalau prioritas Anda adalah panggilan Allah, maka Anda tidak akan pernah tergoda dengan tawaran dunia ini seindah apapun itu. (MS/KB/OKT/2020)

 

Anda akan fokus pada panggilan hidup Anda di dalam Tuhan

kalau Anda sadar betul apa yang menjadi prioritas hidup Anda.

Powered by: truthengaged

Renungan Kirbat

About this series

Okt 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 23:23-35
Rab, Okt 21, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 23:12-22
Sel, Okt 20, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 23:1-11
Sen, Okt 19, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 22:23-30
Min, Okt 18, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 21:37-22:22
Sab, Okt 17, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 21:27-36
Jum, Okt 16, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 21:15-26
Kam, Okt 15, 2020

seko-pemulih

Menjadi Mitra Kami

Menjadi Mitra Kirbat Baru dalam menggenapi panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi Indonesia.

Tentang Kirbat Baru

Kirbat Baru merupakan pelayanan literatur berupa renungan dan jurnal rohani dwi-bulanan yang dikemas secara tematik untuk memudahkan orang percaya fokus bertumbuh dalam setiap area kehidupan secara progresif. Lembar catatan dan pokok doa menjadikan Kirbat Baru sebagai jurnal rohani untuk orang percaya dalam mengevaluasi perjalanan rohaninya.

kirbatbaru-home