Renungan Hari Ini

1_Timotius 6:11-21
Senin, Juni 21, 2021
Sab, Okt 17, 2020

KORBAN PRASANGKA

Kisah_Para_Rasul 21:37-22:22 by Pdt. Heru Tri Budiyanto S.PAK
Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan. [ayat 16]
Series:Okt 2020

 

Pernahkan Anda menjadi korban prasangka orang? Prasangka biasanya timbul karena ada perasaan tidak suka tersaingi dan kebencian. Hal ini yang dialami oleh Paulus ketika orang-orang Yahudi yang fanatik memfitnah Paulus dan menghasut orang banyak untuk melawan / membunuh Paulus (21:27-28, 38). Tuduhan ini terjadi karena mereka terlalu cepat menyimpulkan. Mereka melihat Paulus ada di Yerusalem bersama-sama dengan Trofimus yang adalah seorang Yunani, dan mereka lalu menyimpulkan bahwa Paulus membawa Trofimus ke dalam Bait Allah (21:28b-29).

Apa yang dilakukan Paulus ketika menjadi korban prasangka?

Mencari kesempatan untuk klarifikasi

            Ketika Paulus ditangkap dan akan dibawa masuk asrama, Paulus berusaha melakukan klarifikasi kepada kepala prajurit tentang siapa dirinya karena ternyata kepala prajurit berprasangka bahwa Paulus adalah orang Mesir yang melakukan pemberontakan. Kepala prajurit kemudian mengabulkan permintaan Paulus untuk berbicara kepada orang-orang Yahudi yang telah menganiayanya.

            Karena prasangka seringkali terjadi karena ada penyesatan informasi, maka klarifikasi merupakan salah satu solusi yang layak diupayakan. Dalam hidup kita sebagai orang Kristen seringkali prasangka terhadap iman kita berubah menjadi fitnah dan perbuatan jahat karena kita tidak berusaha melakukan klarifikasi dengan baik.

Memakai kesempatan untuk bersaksi

            Ketika Paulus diberi kesempatan untuk berbicara kepada orang-orang Yahudi yang membencinya, Paulus memakai kesempatan ini untuk bersaksi tentang perjumpaannya dengan Yesus dan bagaimana hidupnya berubah dari pembenci orang Kristen menjadi pemberita kabar baik yang penuh semangat. Kesaksiannya merupakan bagian dari klarifikasinya kepada orang-orang Yahudi yang berprasangka buruk kepadanya.

            Sebagai orang Kristen, kita berkewajiban menjelaskan iman kita kepada orang lain, terutama yang berprasangka buruk terhadap iman kita. Jelaskan dengan jujur bagaimana Tuhan berkarya dalam hidup kita. Tidak perlu ditambah atau dikurangi. Jelaskan apa adanya, dengan bijak dan tidak perlu menghina orang lain.

Klarifikasi yang dilakukan Paulus kepada kepala prajurit dan kepada orang-orang Yahudi ternyata hasilnya berbeda. Apapun hasilnya, klarifikasi merupakan cara tepat ketika kita menjadi korban prasangka. (HTB/KB/OKT/2020)

Apapun hasilnya, klarifikasi merupakan cara tepat ketika kita menjadi korban prasangka

Powered by: truthengaged

Renungan Kirbat

About this series

Okt 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 23:23-35
Rab, Okt 21, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 23:12-22
Sel, Okt 20, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 23:1-11
Sen, Okt 19, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 22:23-30
Min, Okt 18, 2020
Now playing
KORBAN PRASANGKA
Text: Kisah_Para_Rasul 21:37-22:22
Sab, Okt 17, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 21:27-36
Jum, Okt 16, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 21:15-26
Kam, Okt 15, 2020

seko-pemulih

Menjadi Mitra Kami

Menjadi Mitra Kirbat Baru dalam menggenapi panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi Indonesia.

Tentang Kirbat Baru

Kirbat Baru merupakan pelayanan literatur berupa renungan dan jurnal rohani dwi-bulanan yang dikemas secara tematik untuk memudahkan orang percaya fokus bertumbuh dalam setiap area kehidupan secara progresif. Lembar catatan dan pokok doa menjadikan Kirbat Baru sebagai jurnal rohani untuk orang percaya dalam mengevaluasi perjalanan rohaninya.

kirbatbaru-home