Renungan Hari Ini

1_Timotius 6:11-21
Senin, Juni 21, 2021
Sab, Okt 10, 2020

PERUBAHAN HIDUP

Kisah_Para_Rasul 19:13-20 by Pdt. Mauli Siahaan MTh
“Banyak juga di antara mereka, yang pernah melakukan sihir, mengumpulkan kitab-kitabnya lalu membakarnya di depan mata semua orang. Nilai kitab-kitab itu ditaksir lima puluh ribu uang perak.” (ayat 19)
Series:Okt 2020

 

            Perubahan yang hakiki akan terjadi dari dalam dan berdampak ke luar dan bukan sebaliknya. Kalau seseorang sudah berubah dari dalam, maka itu akan terlihat dalam kehidupannya sehari-hari. Hal itulah yang diperlihatkan oleh orang-orang Efesus ketika hidup mereka dilawat Allah, hati mereka diubahkan dan hal itu mereka perlihatkan dalam tindakan yang nyata. Apakah tindakan nyata dari perubahan hidup itu?

Mengakui kesalahan dan dosa yang pernah dilakukan

            “Banyak di antara mereka yang telah menjadi percaya, datang dan mengaku di muka umum, bahwa mereka pernah turut melakukan perbuatan-perbuatan seperti itu.” (ayat 18). Orang-orang Efesus ini membuktikan bahwa mereka sudah berubah lewat iman kepada Tuhan Yesus Kristus. Itulah sebabnya mereka membuktikan perubahan itu tanpa harus ada yang memaksanya. Mereka mengadakan pengakuan di depan umum bahwa mereka pernah melakukan perbuatan-perbuatan dosa

            Seseorang yang sudah Tuhan ubahkan adalah seseorang yang tidak pernah menyembunyikan pelanggarannya di hadapan manusia terlebih di hadapan Allah. Perubahan hidup akan mendorong seseorang untuk membereskan dosa dan kesalahannya dengan Tuhan maupun dengan sesamanya.

Meninggalkan kebiasaan lama

            “Banyak juga di antara mereka, yang pernah melakukan sihir, mengumpulkan kitab-kitabnya lalu membakarnya di depan mata semua orang. Nilai kitab-kitab itu ditaksir lima puluh ribu uang perak.” (ayat 19). Tindakan perubahan lainnya yang diperlihatkan oleh orang-orang Efesus adalah meninggalkan kebiasaan lama lewat membuang atau membakar buku-buku sihir mereka. Sekalipun hal itu membuat mereka rugi tetapi mereka tidak merasa sayang karena meyakini, bahwa yang mereka dapatkan lebih besar dari pada apa yang mereka tinggalkan.

            Perubahan hidup yang nyata pasti ditindaklanjuti dengan meninggalkan kebiasaan lama. Mungkin yang ditinggalkan itu adalah sesuatu yang berharga secara lahiriah, apakah Anda berani meninggalkannya? Apakah Anda percaya bahwa Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang jauh lebih berharga dari yang Anda tinggalkan? Kristus lebih berharga daripada apapun dalam dunia ini sehingga Dia layak dibuat jadi pilihan yang utama (band. Fil. 3:8). (MS/KB/OKT/2020)

Kristus lebih berharga daripada apapun dalam dunia ini sehingga Dia layak menjadi pilihan yang utama

Powered by: truthengaged

Renungan Kirbat

About this series

Okt 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 23:23-35
Rab, Okt 21, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 23:12-22
Sel, Okt 20, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 23:1-11
Sen, Okt 19, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 22:23-30
Min, Okt 18, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 21:37-22:22
Sab, Okt 17, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 21:27-36
Jum, Okt 16, 2020
Text: Kisah_Para_Rasul 21:15-26
Kam, Okt 15, 2020

seko-pemulih

Menjadi Mitra Kami

Menjadi Mitra Kirbat Baru dalam menggenapi panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi Indonesia.

Tentang Kirbat Baru

Kirbat Baru merupakan pelayanan literatur berupa renungan dan jurnal rohani dwi-bulanan yang dikemas secara tematik untuk memudahkan orang percaya fokus bertumbuh dalam setiap area kehidupan secara progresif. Lembar catatan dan pokok doa menjadikan Kirbat Baru sebagai jurnal rohani untuk orang percaya dalam mengevaluasi perjalanan rohaninya.

kirbatbaru-home